Sahabat

“Persahabatan bagai kepompong mengubah ulat menjadi kupu-kupu” itulah sebaris syair dari lagu yang menggambarkan bagaimana asyiknya menjalin persahabatan. Dalam lagu itu, dapat diambil kesimpulan kalau hidup akan lebih sempurna bila kita bisa menjalin persabahatan tapi persahabatan yang seperti apa yang seharusnya kita jalani. Banyak sekali orang yang sudah mendeskripsikan tentang persahabatan tapi jarang sekali orang yang memperhatikan apa sebenarnya yang menjadi latar belakang dalam sebuah persahabatan itu.
Manfaat : persahabatan yang satu ini benar-benar tak dilandasi keikhlasan pada awalnya, karena salah satu pihak hanya memanfaatkan pihak lain yang lebih darinya untuk menaikkan derajatnya.
Dimanfaatkan :
Contohnya: Tina adalah gadis yang cantik dan hampir semua orang pasti ingin menjadi temannya tapi dia kurang pandai dalam aspek pendidikan sehingga dia mendekati Maya, gadis yang biasa-biasa saja tapi kepandaiannya yang bisa diragukan lagi, dia berkali-kali menjadi juara umum disekolah.
Mungkin saja persahabatan ini bisa bertahan lama asalkan Tina benar-benar ikhlas pada akhirnya untuk menjadi sahabat Maya bukan hanya karena kepandaiannya semata. Tapi persahabatan yang semacam ini harus dipikirkan ulang karena akan sangat menyakiti perasaan orang lain apabila tahu dirinya hanya diamanfaatkan untuk membantu dirinya tanpa memperdulikan apapun masalah yang dihadapi sahabatnya itu. Hal ini sebenarnya, banyak sekali terjadi tapi terkadang kita tidak menyadarinya sampai saat kita menghadapi masalah besar barulah kita sadari apa benar dia adalah sahabat kita?
Contohnya: Tina memang selalu setia pada Maya, duduk sebangku, menemaninya ke toko buku, mengizinkan untuk mengerjakan tugas sekolah dirumahnya yang mewah, tapi semua yang dilakukannya hanyalah yang berhubungan dengan sekolah dan untuk menambah nilainya. Tapi itu semua berakhir ketika Maya begitu depresi menghadapi sendiri permasalahan keluarganya yang tak ada ujungnya, Tina tak ada disampingnya untuk menenangkan hatinya yang begitu galau apalagi saat Maya mulai tak konsentrasi lagi pada pendidikannya, nilainya turun drastis dan dimanakah sahabatnya yang selama ini setia mendampinginya?
Dari contoh diatas, sebenarnya masih ada kemungkinan untuk mempertahankan nilai-nilai Maya ataupun kegalauan hatinya asalkan Tina setia untuk mendampinginya dan membuat hari-harinya lebih bahagia begitu setidaknya kalau memang dia tak bisa memberikan solusi dan jalan keluar yang terbaik. Tapi pada kenyataannya justru sahabatnyalah yang menjadi tambahan beban pikiran Maya dalam kehidupannya yang cukup rumit.

Saling memanfaatkan :
Contohnya : Rio mendekati Mira, gadis yang begitu pintar dikelasnya karena ingin menambah nilainya karena pasti jika dia sekelompok dengan Mira akan mendapatkan nilai yang bagus. Tapi Mira juga tak menerima Rio sepenuh hati karena Mira sebenarnya menyukai Soni, sahabat Rio sejak dulu jadi dia akan sering dekat dengan Soni bila memulai kedekatannya dengan sahabat karibnya karena Soni dan Rio benar-benar tak terpisahkan bahkan setiap pembagian kelompok belajarpun mereka selalu bersama dan bahagialah Mira karena menjadi sekelompok juga dengan lelaki pujaannya.
Cocok : persahabatan ini didasari karena memang dari awal mereka mempunyai hobi yang sama ataupun hal-hal menarik lainnya yang membuat mereka dapat menghabiskan waktu bersama. Begitu banyak contoh yang dapat diambil dan pastinya semua sudah paham akan persahabatan jenis ini. Tapi apakah persahabatan ini akan bertahan lama atau berakhir? Semuanya tergantung dari pribadi masing-masing, jika mereka masih merasa cocok satu sama lain makan akan bertahan selama-lamanya tapi jika mereka sudah tak sepaham lagi apalagi sampai terjadi pertengkaran antara mereka, bisa saja saat itu persahabatan mereka berakhir begitu saja.
Chemistry : kata yang satu ini paling banyak disebut-sebut dalam menjalani suatu hubungan, tapi apakah persahabatan juga akan bertahan lama bila didasari yang satu ini? Mungkin saja, karena yang satu ini biasanya dilandasi keikhlasan pada awalnya, tapi permasalahannya apakah seterusnya akan berjalan lancar? Tetap saja semua juga harus ditambahkan rasa saling percaya, itu adalah hal yang paling utama karena jika kita sudah tak saling percaya lagi, hancurlah semua hal telah kita bangun selama ini.
Sekelebat : hanya bertahan beberapa saat sebelum dia mendapatkan sahabat lain yang lebih membuatnya nyaman, yang seperti ini sebenarnya tak dapat didefinisikan sebagai Persahabatan karena ini hanyalah merupakan Pertemanan yang sesaat hanya diperlukan agar dia tak sendiri menghadapi situasi yang baru sebelum mendapatkan teman baru dan melupakan teman lama.
“Sebenarnya tak ada kata yang tepat untuk mendeskripsikan agar persahabatan dapat bertahan lama karena sesungguhnya semua itu berasal dari diri sendiri dan bagaimana kita dapat saling mengerti dengan sahabat kita. Kalau sudah tak ada lagi rasa saling mengerti mungkin saja persahabatan itu akan lenyap seketika.”
Sahabat sejati sama halnya dengan benda berharga karena tak bisa dibeli dengan uang ataupun diganti dengan benda lain yang lebih menarik.
8 Kunci menjaga Persahabatan :
1. Perhatian : tawarkanlah bantuan jika sahabat sedang dalam kesulitan, jangan hanya menunggunya untuk meminta tolong. Karena sahabat tahu apa yang dibutuhkan sahabatnya tanpa harus diminta.
2. Jangan Gosip : jangan pernah membicarakan sahabat kita dengan orang lain meskipun sedang rebut karena lebih baik berbicara secara langsung.
3. Jaga rahasia : janganlah membocorkan rahasia yang telah diungkapkan sahabat pada kita, kalaupun ingin membantunya melalui bantuan orang lain sebaiknya minta izin dulu padanya.
4. Saling mengerti : kita harus tahu waktu yang tepat bila ingin curhat dengannya karena akan menjadi sangat tak nyaman bila kita curhat padanya disaat dia memiliki banyak masalah juga yang belum terselesaikan.
5. Kejujuran : hal ini harus karena dengan kejujuran, kita akan tahu betapa tulusnya sahabat kita dan bila memang harus berterus terang untuk mengatakan hal yang menyakitkan, sampaikanlah dengan baik.
6. Dilarang iri : jangan pernah iri pada apa yang didapatkan sahabat kita, ucapkanlah selamat dan terus mendukung mereka. Buanglah segala rasa cemburu itu karena dapat menghancurkan persahabatn kita dengan cepat.
7. Jangan mencaci : meskipun sedang marah-marahnya dengan sahabat, janganlah kita mencacinya dengan mengeluarkan berbagai sumpah serapah karena bila sahabat sakit hati lebih sulit untuk membujuknya.
8. Selalu ada : apapun keadaan sahabat kita, seberapapun kesulitannya, jangan pernah meninggalkannya karena hanya dengan kehadiran kita disampingnya, dia akan menjadi lebih kuat menghadapi segala masalah.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Arti Senyuman?

Tari Saman

Arti Teman???